Pabrik Kelapa Sawit, KEK Sei Mangkei, Simalungun, Pengahasil minyak sawit, minyak kelapa sawit, Palm oil, Kernel oil, CPO, Bio Diesel, Biomass, Biofuel. Berbicara masalah pertanian di INDONESIA, kendala utama nya adalah pemilikan lahan oleh petani kita. Petani yang memiliki lahan tanah sendiri di Indonesia tidak banyak. Dan yang hanya dimiliki oleh para petani juga rata-rata hanya sekitar 0,3 hektar saja, yang jelas ini tidak optimal, bahkan tidak mencukupi hasilnya guna memperoleh tingkat hidup yang sebagaimana mestinya.

Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit pada Perkebunan Kelapa Sawit

  • Limbah cair pabrik kelapa sawit dapat digunakan sebagai pupuk. Aplikasi limbah cair memiliki keuntungan antara lain dapat mengurangi biaya pengolahan limbah cair dan sekaligus berfungsi sebagai sumber hara bagi tanaman kelapa sawit.
  • Kualifikasi limbah cair yang digunakan mempunyai kandungan BOD 3.500–5.000 mg/l yang berasal dari kolam anaerobik primer.
  • Metode aplikasi limbah cair yang umum digunakan adalah sistem flatbed, yaitu dengan mengalirkan limbah melalui pipa ke bak-bak distribusi dan selanjutnya ke parit primer dan sekunder (flatbed). Ukuran flatbed adalah 2,5 m x 1,5 m x 0,25 m. Dosis pengaliran limbah cair adalah 12,6 mm ekuivalen curah hujan (ECH)/ha/bulan atau 126 m3/ha/bulan.
  • Kandungan hara pada 1m3 limbah cair setara dengan 1,5 kg urea, 0,3 kg SP-36, 3,0 kg MOP, dan 1,2 kg kieserit. Pabrik kelapa sawit dengan kapasitas 30 ton/jam akan menghasilkan sekitar 480 m3 limbah cair per hari, sehingga areal yang dapat diaplikasi sekitar 100-120 ha.
  • Pembangunan instalasi aplikasi limbah cair membutuhkan biaya yang relatif mahal. Namun investasi ini diikuti dengan peningkatan produksi TBS dan penghematan biaya pupuk sehingga penerimaan juga meningkat. Aplikasi limbah cair 12,6 mm ECH/ha/bulan dapat menghemat biaya pemupukan hingga 46%/ha. Di samping itu, aplikasi limbah cair juga akan mengurangi biaya pengolahan limbah.
  • Limbah cair pabrik kelapa sawit telah banyak digunakan di perkebunan kelapa sawit baik perkebunan negara maupun perkebunan swasta. Penggunaan limbah cair mampu meningkatkan produksi TBS 16-60%. Limbah cair tidak menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap kualitas air tanah di sekitar areal aplikasinya.

Share on Google Plus

About William Perkasa

Kinerja masa lalu tidak menjamin HASIL yang maksimal di masa yang akan DATANG. Jangan PERCAYA untuk membeli sebuah kinerja yang KEMARIN. Phone number : 0821 3011 3636 BB PIN : 7D730F92
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. hai, saya punya limbah CPO cair sekitar 5000 ton... kalo ada yang tertarik bisa hubungi rekan saya, bapk Iwan, di lokasi noHP 081399171234
    salam
    andyTris

    ReplyDelete

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Silahkan isi KOMENTAR anda yang membangun untuk kemajuan dan koreksi di blog ini.No Sara, No Racism