Pabrik Kelapa Sawit, KEK Sei Mangkei, Simalungun, Pengahasil minyak sawit, minyak kelapa sawit, Palm oil, Kernel oil, CPO, Bio Diesel, Biomass, Biofuel. Berbicara masalah pertanian di INDONESIA, kendala utama nya adalah pemilikan lahan oleh petani kita. Petani yang memiliki lahan tanah sendiri di Indonesia tidak banyak. Dan yang hanya dimiliki oleh para petani juga rata-rata hanya sekitar 0,3 hektar saja, yang jelas ini tidak optimal, bahkan tidak mencukupi hasilnya guna memperoleh tingkat hidup yang sebagaimana mestinya.

Kelapa Sawit

Evaluasi Lahan
  • Tahap awal dari pembukaan perkebunan kelapa sawit adalah melakukan evaluasi lahan. Evaluasi kesesuaian lahan dilakukan terhadap satuan lahan yang telah ditetapkan berdasarkan hasil survei tanah. Evaluasi kesesuaian lahan didahului oleh kegiatan survei dan pemetaan tanah untuk mendeskripsikan satuan-satuan lahan. Evaluasi kesesuaian lahan didasarkan pada penilaian beberapa karakteristik lahan yang disesuaikan dengan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit.
Pengendalian Hama Tikus dengan Burung Hantu
  • Burung hantu (Tyto alba) merupakan predator tikus yang sangat potensial pada perkebunan kelapa sawit. Predator ini mampu menurunkan serangan tikus pada tanaman muda hingga di bawah 5%. Sementara itu, ambang kritis serangan tikus di perkebunan kelapa sawit sebesar 10%.
Pengendalian Hayati Ulat Api Menggunakan Entomopatogenik
  • Pengendalian hayati ulat api Setothosea asigna pada kelapa sawit dilakukan dengan menggunakan mikroorganisme entomopatogenik, yaitu virus ß Nudaurelia, multi plenucleo-polyhedrovirus (MNPV), dan jamur Cordyceps aff. militaris.
Feromon untuk Pengendalian Kumbang Tanduk
  • Kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) umumnya menyerang tanaman kelapa sawit muda dan dapat menurunkan produksi tandan buah segar (TBS) pada tahun pertama menghasilkan hingga 69%. Di samping itu, kumbang tanduk juga mematikan tanaman muda sampai 25%.
Biofungisida Marfu Pengendali Jamur Ganoderma boninense
  • Penyebab busuk pangkal batang (BPB) pada tanaman kelapa sawit adalah Ganoderma boninense yang merupakan jamur tanah hutan hujan tropis. Jamur G. boninense bersifat saprofit (dapat hidup pada sisa tanaman) dan akan berubah menjadi patogenik apabila bertemu dengan akar tanaman kelapa sawit yang tumbuh di dekatnya. Serangan BPB dapat terjadi sejak bibit sampai tanaman tua, tetapi gejala penyakit biasanya baru terlihat setelah bibit ditanam di lapangan.
Share on Google Plus

About William Perkasa

Kinerja masa lalu tidak menjamin HASIL yang maksimal di masa yang akan DATANG. Jangan PERCAYA untuk membeli sebuah kinerja yang KEMARIN. Phone number : 0821 3011 3636 BB PIN : 7D730F92
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. dimana tempat pemesanan MNPV saya sangat membutuhkannya untuk penelitian, tolong kirim ke emailsaya ya marjansinaga91@yahoo.com

    ReplyDelete

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Silahkan isi KOMENTAR anda yang membangun untuk kemajuan dan koreksi di blog ini.No Sara, No Racism