Monday, July 8, 2013

Anatomi Kelapa Sawit

Posted at  10:22 PM  |  in  Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah satu-satunya buah yang bisa memberikan dua jenis minyak. Kelapa sawit tumbuh tegak lurus dapat mencapai ketinggian 15 - 20 m. Tanaman ini berumah satu atau dimana bunga jantan dan betina terdapat pada satu pohon. Bunga jantan dan betina terdapat masing-masing pada tandan bunganya dan terletak terpisah yang keluar dari ketiak pelepah daun. Tanaman ini dapat menyerbuk sendiri dan dapat menyerbuk silang

Mengetahui bagian yang penting dari tanaman ini seperti sistem perakaran, batang, daun bunga dan lain-lain perlu karena keterkaitannya dengan berbagai hal dibidang agronomi, pemuliaan, perlindungan tanaman, pemupukan, peramalan produksi, panen dan lain-lain. Sistem perakaran misalnya berhubungan erat dengan kegiatan yang berkaitan dengan pemupukan, pemeliharaan piringan pokok (bokoran) panen, pemberantasan gulma dan hama batang kelapa sawit ada yang cepat pertumbuhannya, ada yang lambat dan sifat ini dapat dipakai untuk pemilihan pokok induk karena berkaitannya dengan masalah panen.

Sistem perdaunan yaitu susunan cabang daun (roset), pelepah, panjang pelepah daun, jumlah/panjang/lebar/susunan anak daun dipakai untuk perhitungan luas permukaan daun digunakan untuk perhitungan jarak tanam atau kerapatan tanam, pengambilan contoh daun untuk pemupukan dan peringatan dini pada pengamatan serangan hama, pengambilan ortet pada teknik kultur jaringan dan lain-lain.

Mengetahui proses pembentukan bunga baik tentang masa pembentukan, kelaminnya, proses kematangan tandan serta tahapannya perlu untuk peramalan produksi dan keseimbangan dalam pemupukan, perkembangan, kematangan buah pada tandan juga perlu diketahui guna mengetahui kriteria panen yang baik dari sudut kuantitas maupun kualitas dan dipakai untuk peramalan produksi jangka pendek.

Pada kelapa sawit, pada dasarnya akar berfungsi sebagai penunjang struktur batang diatas tanah, menyerap air dan unsur-unsur hara pada tanah dan sebagai alat respirasi. Kelapa sawit termasuk dalam sub-kelas monokotil, akar dari kelapa sawit adalah akar serabut. Akar kelapa sawit mengalami perkembangan dan pertumbuhan selama hidup untuk memenuhi kebutuhan dan fungsinya. Akar pertama yang muncul dari biji yang telah tumbuh (berkecambah) adalah radikula yang panjangnya dapat mencapai 15 cm, Radikula ini mampu bertahan sampai 6 bulan. Dari radikula ini akan muncul akar lainnya yang bertugas mengambil air dan hara lainnya dari media tumbuh.

Walaupun akar lainnya dapat melakukan pengambilan air dan hara lainnya dari media tumbuh, akar lainnya masih dibantu dari cadangan makanan yang ada pada endosperm. Akar inilah kemudian fungsinya diambil alih oleh akar primer (utama) yang keluar dari bagian bawah batang (bulb) beberapa bulan kemudian. Akar primer yang tumbuh dari radikula tersebut tumbuh 45 derajat vertikal kebawah bertugas mengambil air dan makanan berhubung cadangan makanan pada endosperm biji telah habis, ini ditandai dengan lepasnya biji.

Berikut adalah tentang  anatomi kelapa sawit, semoga bermanfaat.

Share this post

About Seimangkei

Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei. KEK Sei Mangkei berada di areal tanah milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III seluas 160 ribu hektare (ha). Sei Mangkei merupakan salah satu nagori yang ada di kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Follow Facebook.

0 komentar:

Kritik dan Saran yang membangun dari Anda sangat KAMI harapkan.

Silahkan isi KOMENTAR anda yang membangun untuk kemajuan dan koreksi di blog ini.No Sara, No Racism

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Kelapa Sawit | Sei Mangkei. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top